kronikberita.com

Penting dan Mendalam

Berita Hukum Klarifikasi

Pabrik Karet Zeelandia Milik PTPN I Regional 5 Terbakar

Jember, 7 April 2024 – Warga Jember kembali dikejutkan dengan terbakarnya Aset milik PT Perkebunan Nusantara I. Pabrik karet Zeelandia yang dikelola oleh PTPN I Regional 5 terbakar minggu (7/4/2024) sekitar jam 17:55.

“Perkiraan setelah waktu berbuka puasa sekitar jam 17:55, api sudah menjalar ke sebagian pabrik”, kata salah satu warga yang menjadi saksi mata.

Diperkirakan lokasi yang terbakar adalah bagian ruang pengasapan yang memang rentan terbakar. Nampak petugas dari pabrik dan pemadam kebakaran sudah melakukan pemadaman.

Menurut salah satu sumber perusahaan yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa kondisi pabrik memang sudah tua bahkan sudah ada sejak jaman kolonialisme Belanda, sehingga rawan terjadi kecelakaan kerja seperti kebakaran.

Tercatat bahwa dalam 1 bulan belakangan ini aset PTPN I sudah terbakar sebanyak 3 kali. Sebelumnya sudah terjadi kebakaran Gudang Tembakau di Ajung – Jember yang dikelola oleh PTPN I Regional 4 pada tanggal 17 Maret (17/4) dan tanggal 30 Maret 2024 (30/4).

Ketika di hubungi awak media, pihak PTPN I belum memberikan jawaban terkait kebakaran pabrik karet Zeelandia dan hasil evaluasi dari 2 kejadian kebakaran gudang tembakau sebelumnya di kabupaten Jember. (ANW)